iPustaka Jambi, E-book Ilegal, dan Satu Buku untuk Jatuh Cinta - Lemonade

Latest

Lemonade

Lemonade Pecandu buku(kamu)

Sabtu, 25 Mei 2019

iPustaka Jambi, E-book Ilegal, dan Satu Buku untuk Jatuh Cinta


koleksi pribadi penulis

Membaca merupakan suatu kegiatan yang banyak mendatangkan manfaat bagi tubuh. Salah satunya dapat memperpanjang usia. Namun ada saja manusia yang beralasan untuk tidak membaca, beli buku cetak tuh mahal, ga ada uang. Baiklah zheyeng, sekarang sudah masif sekali fitur alternatif bagimu untuk membaca. Beb, kamu bisa mengunduh aplikasi Ipusnas; iPustaka Jambi; lalu ipus-ipus yang lain; kemudian ada google play books, atau yang ekstrem namun tidak saya sarankan karena berbahaya *tapi belum ada undang-undangnya juga sih, jadi ga terlalu bahaya, namun merugikan penulis hahaha, kamu bisa unduh sendiri e-book ilegal. Ada banyak sekali di internet, Beb. Wkwk.
https://id.pinterest.com/pin/778489485567199223/
Lalu, alasan lain mencuat, “mata aku suka perih karena tidak terlalu terbiasa membaca melalui gawai,” jalannya, kamu bisa nabung, Beb, nyicil buat beli buku yang kamu inginkan, atau kalau di kotamu ada toko buku bekas, kamu bisa melipir kesana dan bersenang-senang mencari buku yang kamu inginkan dengan harga miring tentunya. Yah, atau kamu juga bisa ke toko buku, lalu mencari buku yang plastik pembungkusnya sudah terbuka; jika mager kamu bisa menelepon temanmu lalu meminjam buku miliknya, itu pun kalau ia berbaik hati, atau kalau temanmu tidak mau meminjamkan, kamu bisa berkunjung ke perpustakaan yang ada seperti perpustakaan fakultas, perpustakaan universitas, perpustakaan universitas tetangga, perpustakaan daerah, dan perpustakaan kota seperti yang ada di Jambi. Selain itu, kamu juga bisa berkunjung ke Taman Baca Masyarakat (TBM) atau lapak baca atau apalah itu yang menyediakan jasa membaca dan meminjamkan buku. Jika ga bisa juga, langkah terakhir, bukan ide yang bagus, sih, tapi ya boleh lah jika memang benar-benar seret keuanganmu, kamu bisa membeli buku bajakan di loakan atau di onlineshop yang bertebaran di internet dengan hanya bermodalkan kuota saja tentunya. Itu pun jika kamu punya otak dan berani untuk melakukannya. Mwehehe. Santai, Beb. Hidup ini pilihan, dan yah, aku menghargai pilihanmu. Ehe.

koleksi pribadi penulis

Nah, terkhusus untuk masyarakat provinsi Jambi, bersyukurlah kalian yang suka membaca namun sulit dan tidak memiliki waktu untuk mengunjungi Perpustakaan Daerah Jambi. Pasalnya sekarang, Perpustakaan Daerah Jambi telah menyediakan jasa perpustakaan secara daring yaitu iPustaka Jambi. iPustaka Jambi ini memiliki fitur yang sama dengan fitur-fitur yang ada pada Ipusnas. Tujuannya agar kamu rajin membaca meski tidak sempat berkunjung ke gedung perpustakaannya langsung.
Setelah sekian banyak alternatif yang aku sebutkan di atas, jika masih ditemukan (lagi) alasan kau tak membaca, suram hidupmu, Beb. Dalam Al-quran saja perintah pertama yang diturunkan kepada Rasulullah adalah Iqra’, Beb, Iqra’. Membaca. Kok yha kamu malas membaca, beb, beb. Sedih aku jadinya, Beb.
Kalau gitu aku mau kasih kamu kutipan dari duta baca Indonesia deh, Beb – Mbak Najwa,
Sumber dari segala inspirasi yaitu buku. Sebaik-baiknya sahabat. Dia bisa kita bawa kemana pun, kalau kita suntuk, kita lari ke dia, kita sedih lari ke dia, bisa bikin kita ketawa, bisa bikin kita nangis, tidak ada teman yang lebih pintar dan lebih setia dari pada buku. Dari sekian banayk manfaat dari buku, ada 1 yang belum banyak diketahui, buku itu bisa bikin kita hidup lebih bahagia, buku itu bisa bikin kita panjang umur, tidak cepat stress, dan ini ada penelitiannya, ada penelitian yang menemukan bahwa orang yang suka membaca buku hidupnya lebih panjang 3 tahun dari pada orang yang tidak suka membaca buku, ada juga penelitian yang menunjukkan kalau kita membaca buku tingkat stres kita akan menurunkita tidak cepat pikUn dan kualitas hidup kita akan jauh lebih baik. Jadi membaca buku bukan hanya membuat kita lebih cerdas, tapi juga kita hidup lebih bahagia. Cukup perlu satu buku untuk jatuh cinta pada membaca, cari buku itu, mari jatuh cinta." (dikutip dari video wawancara Gramedia dan Najwa Shihab di akun Youtube Gramedia #1BukuHarapanBaru)
Terakhir, Beb, hayuklah membaca, kita, dan berkeliling dunia. Uwuwu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar